Apa Perbedaan Antara Intel Core Dan Pentium ?

August 20, 2021
Intel Pentium(kiri) dan Intel Core i3(kanan)

Intel menciptakan lusinan model prosesor untuk digunakan dalam berbagai sistem komputer. Prosesor sangat bervariasi dalam hal daya, ukuran dan usia, meskipun mereka sesuai dengan beberapa kategori dasar. Pentium dan Core adalah sebutan untuk berbagai keluarga prosesor, dan keduanya melihat penggunaan dalam produk saat ini. Nama model prosesor memberikan beberapa indikasi kekuatan perangkat, tetapi sebutan "Pentium" dan "Core" sendiri tidak memberi tahu Anda banyak tentang komputer tertentu.


Intel Pentium

Sejarah Prosessor Pentium Intel memulai debutnya prosesor Pentium asli pada tahun 1993, dan perangkat ini memiliki sedikit kesamaan dengan prosesor yang semakin kuat yang akan mengikuti. Pentium Pro, Pentium 2, Pentium 3 dan Pentium 4 yang berturut-turut adalah salah satu prosesor paling populer pada 1990-an, dengan persaingan dari perangkat AMD. Prosesor lain yang menggunakan nama Pentium termasuk Pentium D, Pentium M dan keluarga Pentium Dual-Core yang lebih baru. Prosesor sudah terlihat digunakan di desktop maupun mesin laptop.


Intel Core Series
Sejarah Prosessor Core Intel memperkenalkan merek Core pada tahun 2006 sebagai pengganti lini prosesor Pentium M, dan perangkat awal berbagi banyak teknologi yang sama dengan penawaran bermerek Pentium saat ini. Tindak lanjuti ke asli termasuk Core Solo, Core Duo, Core 2 Quad, Core i3, Core i5 dan keluarga prosesor Core i7. Dimulai dengan Core 2, produk Core tersedia untuk laptop dan komputer desktop. Perbedaan Antara Intel Core dan Pentium Meskipun kedua perangkat Pentium dan Core telah melihat perubahan besar dalam kekuatan yang tersedia, Intel umumnya melengkapi merek Core dengan prosesor yang lebih kuat daripada perangkat Pentium atau Celeron yang setara, meskipun mereka sering menggunakan teknologi prosesor dasar yang sama. Model-model Core yang lebih baru memiliki perangkat lunak tambahan yang unik seperti Intel Turbo Boost dan HyperThreading untuk konfigurasi tambahan. Prosesor inti sudah diinstal sebelumnya di banyak komputer Apple baru, sementara perangkat Pentium hanya dapat digunakan di mesin berbasis Windows. Analisis Ketika Anda mencoba untuk menentukan kegunaan prosesor Pentium dibandingkan dengan prosesor Core, spesifikasi teknis perangkat akan membuktikan lebih banyak digunakan daripada branding. Tentukan kecepatan jam spesifik prosesor, kecepatan bus, dan ketersediaan memori. Perhatikan juga bahwa banyak prosesor Intel dibuat khusus baik untuk desktop atau PC seluler, meskipun mereka dapat berbagi nama merek dengan perangkat lain yang tidak kompatibel, seperti halnya dengan Core 2 Duo T8100 untuk notebook dan Core 2 Duo E8500 untuk penggunaan desktop .