Jenis-Jenis Ekstensi File Dan Penjelasannya

May 07, 2019
Dalam upaya untuk menjadi "user-friendly," Windows (dan mungkin beberapa sistem operasi lain) menyembunyikan bagian terpenting dari nama file dari pengguna komputer baru: ekstensi. Oke - kami menganggap bahwa alasan di balik menyembunyikan ekstensi adalah "ramah pengguna" karena kami tidak dapat menemukan alasan lain untuk menyembunyikannya. Tidak ada salahnya dari melihat perpanjangan, tetapi banyak yang bisa dipelajari darinya. Untungnya Anda memiliki artikel ini untuk memandu Anda melalui beberapa ekstensi paling umum yang Anda temui.

Tetapi sebelum Anda dapat melihat ekstensi file, Anda harus menyalakannya. Dari Windows Explorer, klik pada menu "Tools", dan pilih "File Options." Klik tab "View" dan kemudian hapus centang pada kotak di samping "Sembunyikan ekstensi file untuk jenis file yang dikenal." Klik "OK" dan Anda akan perhatikan bahwa file di Windows Explorer menunjukkan titik dan grup tiga huruf setelah nama mereka. Titik dan kelompok tiga huruf itu dikenal sebagai "ekstensi," dan ekstensi itu menjelaskan jenis file itu.

File bisa berupa file teks biasa, gambar, suara, video, atau program. Tetapi tanpa melihat ekstensi, Anda tidak akan mengetahuinya kecuali Anda mengkliknya dua kali. Daftar berikut mendefinisikan beberapa ekstensi paling umum yang akan Anda temukan di komputer Anda.


.au - Ekstensi ini menunjukkan file suara. Sebagian besar pemain suara akan memuat dan memainkan file jenis ini.

.art - Ekstensi ini menunjukkan file gambar yang dikompres dengan teknologi AOL (America Online). Internet Explorer dan perangkat lunak layanan AOL dapat menampilkan file jenis ini, namun jika Anda tidak menginstal AOL di sistem Anda, Internet Explorer akan menampilkannya.

.avi - Ekstensi ini menunjukkan file video yang dapat dimainkan oleh sebagian besar pemirsa multimedia termasuk Microsoft Media Player.

.bmp - Ekstensi ini menunjukkan file gambar lain yang mungkin berasal dari program Windows Paint.

.dll - Ekstensi ini menunjukkan Dynamic Link Library yang mungkin berisi kode pemrograman tambahan untuk perangkat lunak. Banyak program berbeda yang sering membagikan Dynamic Link Libraries dan Anda akan menemukan banyak di direktori Windows / System (tetapi tidak pernah menghapusnya)!

.exe - Ekstensi ini menunjukkan program atau aplikasi seperti Microsoft Word, Internet Explorer, atau Outlook Express. Berhati-hatilah saat mengunduh file .exe dari Internet karena programmer jahat suka menyembunyikan virus dalam jenis file ini.

.gif - Ekstensi ini menunjukkan file gambar lain dan merupakan singkatan dari "Format Interchange Grafik." File .Gif sering lebih kecil dari file .bmp (dijelaskan sebelumnya) dan mereka biasanya ditemukan di halaman web Internet.

.jpg - Ekstensi ini menunjukkan file gambar lain dan singkatan dari "Joint Photographers Experts Group." Seperti file .gif, ini biasanya ditemukan pada halaman web Internet, namun jauh lebih kecil daripada gambar .gif dan .bmp .

.mid - Ekstensi ini menunjukkan file suara yang dibuat dengan Antarmuka Digital Alat Musik. Windows Media Player akan membuka dan menjalankan file-file ini, namun mereka tidak terdengar seperti file .wav atau .mp3 normal (dijelaskan nanti). File .Mid dirancang untuk menghasilkan suara sintetis menggunakan kartu suara komputer.

.mp3 - Ekstensi ini menunjukkan file suara yang secara otomatis mereproduksi suara dan / atau musik. Windows Media Player akan membuka dan menjalankan file jenis ini.

.scr - Ekstensi ini menunjukkan file screen saver.

.sit - Ekstensi ini menunjukkan file StuffIt arsip Macintosh. Mereka tidak akan terbuka pada sistem Windows tanpa utilitas khusus.

.ttf - Ekstensi ini menunjukkan font yang dirancang khusus untuk digunakan pada sistem Windows. Itu adalah singkatan dari "True Type Font."

.txt - Ekstensi ini menunjukkan file teks biasa yang dapat dibuka dengan Notepad.

.wav - Ekstensi ini menunjukkan file suara yang seperti file .mp3, dapat dibuka dengan Windows Media Player atau Windows Sound Recorder. File .Wav jauh lebih besar daripada file .mp3.

.zip - Ekstensi ini menunjukkan file WinZip arsip Windows. Mereka tidak akan terbuka pada sistem Macintosh tanpa utilitas khusus.