Bagaimana Nasib Huawei Setelah Diblokir Google ?

May 21, 2019
Ilustrasi USA vs China

Meski memutus kerja sama, pemegang smartphone Huawei saat ini masih mendapatkan pembaruan dari aplikasi Google. "Kami mematuhi perintah dan meninjau implikasinya," kata juru bicara Google.

"Untuk pengguna layanan kami, Google Play dan Google Protect akan terus berfungsi pada perangkat Huawei yang ada."

Penangguhan ini dapat membuat bisnis ponsel Huawei di luar China pincang karena raksasa teknologi itu akan segera kehilangan akses ke pembaruan sistem operasi Google Android. Versi masa depan dari smartphone Huawei yang berjalan pada Android juga akan kehilangan akses ke layanan populer termasuk Google Play Store dan aplikasi Gmail dan YouTube.

"Huawei hanya akan dapat menggunakan Android versi publik dan tidak akan bisa mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan eksklusif dari Google," kata sumber itu.

Presiden Donald Trump pada hari Kamis lalu menambahkan Huawei Technologies ke daftar hitam perdagangan, yang membuat perusahaan sulit membeli produk dan komponen buatan perusahaan teknologi AS. Huawei butuh lisensi dari pemerintah untuk bisa berbisnis dengan perusahaan AS.

Vice President Research CCS Insights Geoff Blaber mengatakan penangguhan kerja sama dengan Google bisa membuat bisnis Huawei terpukul di pasar Eropa karena ponsel yang digunakan di benua biru ini harus menggunakan lisensi dari Google.

Artikel ini telah rilis di CNBCIndonesia dengan judul "Ditinggal Androi, Bagaimana Nasib Pengguna Huawei?".